Ciri-ciri HP android Disusupi Virus atau malware

Bagaimana mengenali tanda atau ciri-ciri HP android terkena serangan virus atau malware ?, Tentunya banyak pengguna android yang bertanya-tanya apakah ponsel bermasalah termasuk ciri-ciri terkena virus ?, mungkin iya atau juga mungkin tidak. Pengguna harus jeli dengan tingkah laku virus yang menyusup di ponselnya.

Baca juga : 7 antivirus Hebat Android

Nah apa saja yang bisa dijadikan patokan kala ponsel android kesayangan terindikasi tersusupi malware atau virus ?, Silahkan simak ciri-cirinya di bawah ini.


1. Ponsel android yang terkena virus umumnya mengalami sesuatu yang 'tidak wajar' dikala ponsel hidup. Ada sebagian jenis virus android yang dapat menggerakkan layar atau membuka aplikasi tanpa campur tangan pengguna.

2. Lihat apakah koneksi data terus menerus melakukan aktifitas ?, caranya matikan sinkronisasi data otomatis di pengaturan aplikasi. Bila sudah dilakukan dan koneksi terus menerus melakukan upload dan download data maka itu bisa menjadi indikasi virus sedang melakukan aksinya.

3. Di layar tiba-tiba muncul notifikasi unduhan. Padahal pengguna tidak merasa melakukan pengunduhan data.

4. Ponsel lemot padahal tidak membuka banyak aplikasi. Cek apakah ada aplikasi yang masih terbuka, bila tidak dan ponsel terasa lemot kinerjanya dan ada aktifitas koneksi internet terus menerus maka itu juga bisa menjadi indikasi ponsel terkena virus.

5. Adanya aplikasi yang tidak bisa dibuka walaupun sudah melakukan update secara berkala.

6. Baterai ponsel cepat habis bisa juga menjadi indikasi ponsel terkena virus, pastikan baterai anda memang vit dan tidak ada aplikasi yang aktif. Bila baterai habis secara tidak normal bisa saja ada virus yang melakukan aksinya di background sistem tanpa sepengetahuan anda.

7. Ponsel selalu reboot dengan sendirinya. Walau terkadang beban memori yang mengakibatkan hal tersebut bukan tidak mungkin aksi virus yang melalukan aksinya.

Nah, diantara ciri-ciri diatas bila diperlukan maka anda bisa melakukan scanning sistem android dengan antivirus agar lebih meyakinkan apakah ponsel benar-benar tersusupi atau tidak. Semoga ulasan diatas bermanfaat.
Baca juga : Tips Pindai virus tanpa bebani memori ponsel

Label: , , ,