Akibat Salah Penggunaan taskmanager sistem android

Akibat Salah Penggunaan taskmanager sistem android. sebagaimana diketahui bahwa aplikasi taskmanager sangat berguna sekali untuk mengetahui apa saja yang berjalan di sistem. setiap sistem operasi seperti Windows, Linux ,iOS, android dan sebagainya pasti mendukung berjalannya task manager. 

Dari berbagai fungsinya yang bisa dibilang penting banyak pengguna yang salah dalam penggunaannya. Taskmanager di android umumnya sudah disertakan dalam aplikasi bawaan ponsel. Namun bila tidak ada maka setiap pengguna bisa mengunduhnya di playstore dengan dukungan berbagai pilihan pengembang aplikasi. Dengan task manager pengguna android bisa merasakan manfaatnya seperti mematikan proses yang tidak diingunakan, mematikan aplikasi secara paksa, membuat RAM jadi lebih lega dan fungsi optimasi ponsel lainnya.


Diantara banyaknya keuntungan yang diperoleh dari taskmanager tersebut pengguna android terkadang sembrono manfaatkan beberapa fungsinya. Apa saja kesalahan dan akibat yang bisa terjadi bila menjalankan taskmanager tanpa mengetahui efeknya ? berikut jawabannya:

1. Kesalahan mematikan proses yang sedang berjalan. maksud hati ingin membersihkan sistem agar lebih ringan namun terkadang pengguna salah dalam memilih aplikasi atau proses mana yang boleh dan tidak boleh dimatikan. Bila ada proses yang diperlukan untul kelancaran sistem operasi dimatikan maka akan berkibat seperti kegagalan proses aplikasi dan juga hang pada ponsel.

2. Kesalahan dalam melakukan 'force close' dari tiap-tiap aplikasi yang dipilih. Bisa saja satu aplikasi mempunyai hubungan dengan berjalannya aplikasi lainnya. seperti proses Facebook bisa jadi berhubungan dengan proses aplikasi messenger-nya. Jadi bila ingin mematikan proses dari suatu aplikasi pelajari terlebih dahulu aplikasi mana yang bertautan prosesnya dengan aplikasi tersebut sebelum mematikannya secara paksa.

3. Terlalu sering membersihkan proses yang berjalan bisa jadi malah akan memperlambat kinerja Ponsel. mengapa demikian ?, karena untuk memulai lagi berjalannya suatu aplikasi memerlukan proses seperti syncronisasi data ulang dan persiapan lainnya agar aplikasi berjalan sempurna.

Nah, dari penjelasan tentang taskmanager diatas semoga bisa bermanfaat untuk pembaca Dunia android semuanya. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya ya....

Label: , , , , ,