Teori sederhana Cara Modif Power Bank

Teori sederhana Cara Modif Power Bank. Banyak pertanyaan yang dilontarkan para pengunjung Dunia android tentang cara oboh atau modifikasi Power bank yang patut saya jawab dan jabarkan pada saat ini. Memodifikasi power bank bukanlah perkara sulit kalau kita sudah mengetahui teori dasar arus listrik. Sulitkah ?, tidak sulit dan mudah sekali mengetahui bagaimana ilmu dasar sebuah arus listrik. Sudah siap belajar ? yuk ikuti ulasan teori sederhana cara modif powerbank di bawah ini.

Jangan mengambil resiko dengan membongkar powerbank apalagi mengutak-atik isinya sebelum mengetahui bagaimana sebuah arus listrik bekerja. Walaupun terlihat benda kecil yang tidak menyengat ketika kita pegang namun kesalahan kecil yang mengakibatkan terjadinya arus pendek atau konsleting bisa menyebabkan power bank meledak dan memicu sesuatu yang tidak kita inginkan. Nah, sebelum beraksi mengutak atik power bank simak dulu bagaimana perhitungan sebuah arus listrik di bawah ini.

1. Ingat, baterai di dalam power bank adalah berjenis lithium dan rechargable ( bisa diisi ulang ) maka sebelum mengganti baterai harus dengan jenis yang sama. Jangan menggunakan baterai sekali pakai yang banyak kita temui di toko-toko dekat rumah kita.

2. ini teori utama yang harus diketahui, perhitungan arus sederhana ada 2 yaitu serial dan paralel. dalam powerbank umumnya mempunyai sambungan paralel dimana arus yang disambung secara paralel akan mempunyai voltase sama namun Ampere akan semakin besae bila baterai bertambah banyak. sedangkan pada sambungan serial voltase bertambah namun arusnya tetap sama tidak bertambah. Perhitungan sederhananya seperti contoh sambungan di bawah ini.

Contoh sambungan serial

Contoh sambungan paralel

3. yang perlu dijadikan patokan kuat dan tidaknya powerbank men-charge arus baterai ponsel adalah besarnya ampere yang tertera di masing-masing jenis powerbank. Semakin besar amperenya semakin lama pula habisnya daya. Maka dari itu powerbank dengan arus besar akan terlihat gemuk atau besar bodinya karena didalamnya ada baterai yang semakin banyak disambung secara paralel.

4. Dalam aksi oboh powerbank jangan asal memberi banyak baterai untuk meningkatkan daya, karena spesifikasi komponen untuk proses pengecharge-an powerbank tidak akan mampu karena dibatasi oleh komponen elektronika di dalam rangkaian urama powerbank. Andai bisa di charge tentu akan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai 100 persen full.

5. Gunakan baterai pengganti powerbank dengan baterai yang ampere-nya sejenis, namun bila tidak dimungkinkan maka ganti baterai dengan ampere-nya diatasnya sedikit. misal 1000mAh diganti dengan 1200mAh masih aman.

6. Lebih aman bila anda mempunyai multitester sebagai alat untuk mengukur arus maupun tegangan. Dengan alat tersebut anda setidaknya bisa memastikan apakah sambungan sudah benar atau terbalik.

Nah, Sudah siap melakukan aksi bongkar power bank ?, tidak sulit dan mudah sekali. selamat mencoba. semoga bermanfaat.

Baca juga : Membongkar isi powerbank

Label: , , , ,