Hati-hati dengan daya charge / ces HP

Hati-hati dengan daya charge / ces HP . itu bahasan saya kali ini. Mengapa lagi-lagi membahas bab charge ( jawa :ces ) Ponsel ?. karena akhir-akhir ini teman saya yang kerjaannya service HP mendapati banyaknya Baterai atau komponen didalam Ponsel gosong alias terbakar. mengapa banyak kasus demikian ? ikuti ulasannya di bawah ini.


Perlu diketahui, bahwa tidak semua charge / ces HP mempunyai daya atau ampere yang sama. walaupun tegangan rata-rata tertulis sama yaitu sekitar 3,7volt namun daya yang dikeluarkan berbeda dari satu charge dengan charge yang lainnya. Kalau jaman sebelum Smartphone besar alias tablet atau smartphone dengan ukuran semi tablet / phablet dulu daya charge rata-rata 800mah -1000mah. Sekarang ini, banyak sekali ponsel dengan kapasitas baterai yang besar tentu vendor menyediakan charge dwngan daya yang lebih besar pula.

Yang membikin riskan, banyak pengguna ponsel sembarangan meminjam alat ces / charge milik temannya. padahal, HP miliknya mempunyai baterai dengan kapasitas daya kecil namun didorong dengan charge milik orang lain yang berkapasitas daya besar. Apa akibatnya bila kapasitas charge melebihi dari yang di-standartkan oleh pabrikan ?. ini dia akibatnya.

1. Baterai HP yang dipaksa dicharge dengan kapasitas daya yang lebih besar mang akan cepat penuh namun akan memperpendek umur baterai.

2. Daya yang melebihi ketentuan akan membuat komponen penahan arus di Ponsel akan cepat rusak dan akhirnya tidak bisa untuk melakukan charging karena terputusnya komponen tersebut.

3. Bila terus menerus memakai daya charge yang besar, baterai cepat melembung karena didalam baterai ada sirkuit komponen yang tidak kuat menahan besaran arus.

4. Baterai rawan meledak. Banyak kasus di dunia ini baterai ponsel meledak karena salah dalam charge HP.

Jangan gadaikan keawetan baterai HP sobat dengan sering-sering mencharge ponsel dengan alat charge yang berdaya besar. Lebih baik baca dulu berapa ampere kapasitas alat charge daripada menyesal nantinya. Kalau terpaksa sekali-kali sih sah sah saja lho..hehe

Baca juga : penyebab baterai HP melembung

Label: , , , , ,