Syarat oboh Powerbank ganti baterai

Pada postingan dahulu saya pernah mengulas cara mengakali powerbank yang eror. Sekarang saya akan mengulas tentang syarat meng-oboh powerbank bila ganti baterai yang baru atau sekedar ingin mengaktifkan kembali powerbank yang baterainya drop dengan pemgganti baterai yang umum di pasaran. Tips sederhana namun harus tahu dahulu syaratnya bagaimana arus dan tegangan bisa maksimal dan bekerja selayaknya powerbank buatan pabrik.


Tutorial kali ini saya sajikan juga dengan resiko powerbank milik saya harus saya bongkar agar sobat yang belum tahu jeroan powerbank bisa melihatnya pada sajian gambar dibawah nanti. Kali ini powerbank yang saya bongkar (tidak saya sebut merk ntar kena sensor..hehe) berukuran 8.800mAh. Nah syarat apa saja bila ingin mengganti baterai powerbank ? Berikut syaratnya :

1. Pertama, ketahui dahulu berapa voltase atau tegangan dari tiap-tiap baterai di dalam powerbank. Kalau pada gambar di bawah ada 3 buah baterai yang tiap baterai mempunyai voltase sebesar 3.7v dengan rangkaian pararel. Mengapa pararel? Karena arusnya biar 'gede' dengan tegangan yang tetap 3,7v. Ingat!bukan serial lho rangkaiannya...


2. Kemudian syarat kedua, bila sobat ingin mengganti baterainya maka harus sama, bila tidak menemukan penjual baterai dengan kapasitas 3,7v maka bisa diganti dengan baterai dengan kapasitas 1,5v yang ada di pasaran ukuran A2. Hitungannya, satu baterai powerbank asli dengan voltase 3,7 diganti 2 baterai A2 kapasitas 1,5v. Memang hitungannnya akan mendapat jumlah voltase 3v namun itu tidak masalah, lebih baik dibawahnya dikit daripada kebesaran...hehe..biar aman.

3. Jadi 3 baterai bisa tergantikan dengan 6 baterai. Dirangkai secara berjajar dengan rangkaian pararel alias kutub positif dapat positif,kutub negatif dapat negatif.

4. Sobat bisa mengakali baterai tersebut dengan diikat rapi direkatkan dengan lem alteco atau diisolasi rapat satu sama lain. Kabel keluarannya kutub positif dan negatif sambungkan persis seperti sambungan baterai powerbank aslinya. 

5. Bila ada yang bertanya, lho nanti apa bisa ditutup lagi powerbank-nya  seperti semula?. Jawabannya tentu ya nggak bisa ditutup karena kita sudah menjejali dalam powerbank yang tadinya 3 baterai menjadi 6 baterai. Jadi sobat bisa membungkusnya dengan rapi menggunakan isolasi atau lakban hitam, yang penting kan berhasil oprekannya to...hehe


Nah, tutorial diatas jangan dilakukan bila sobat ragu-ragu atau belum mengerti kutub-kutub baterai atau perihal voltase. Karena bila salah menyambung bisa berakibat powerbank meledak. Selamat ber-eksperimen...

Label: , , ,